Tuesday, 30 June 2015

Cara Cepat Move On


Setelah putus kebanyakan orang pasti masih merasakan sayang sama mantan pacarnya, baik yang mutusin apalagi yang diputusin dan biasanya beberapa dari mereka mengalami yang namanya susah move on. Hal ini terjadi karena mereka masih belum terbiasa dengan keadaan yang berbeda, contoh biasanya sering berdua, teleponan setiap hari, bercanda setiap hari, malam mingguan ga pernah absen tiba-tiba semuanya berubah total jadi hari-hari yang sangat sepi tanpa kehadiran si dia, selain itu mereka juga harus membiasakan keadaan yang biasanya sangat dekat menjadi sangat jauh bahkan seperti musuh. Berikut gue bakal lanjutin lagi cerita Jono dan Bella setelah putus.

      Jono galau, nafsu makannya turun drastis, susah tidur, Jono juga jadi ga seceria dulu, pikiran selalu ga fokus. Biasanya tiap hari Jono jemput Bella, bareng-bareng sama Bella, Jono juga selalu teleponan dan BBM-an sama Bella dan seketika hal itu hilang semuanya, Jono merasa hidupnya belum terbiasa tanpa kehadiran Bella. Jono sangat deket dengan Bella dan sekarang secara langsung dan cepat tiba-tiba menjadi sangat jauh. Jono selalu terbayang-bayang wajah Bella, bahkan kalau lagi jalan-jalan, Jono selalu merasa semua cewe itu mirip Bella, wajah Bella ada di mana-mana ga pandang bulu mau nenek-nenek atau anak kecil, Jono selalu merasa mereka semua mirip Bella. Jono berusaha mencoba mengerti kalau ini semua cuma proses, proses membiasakan diri tanpa kehadiran Bella, proses untuk mencoba melupakan Bella, proses itu butuh waktu. Jono mencoba untuk menetralisir feeling dulu sebelum akhirnya melupakan Bella dan mencari wanita idaman baru. Jono mencoba untuk move on.
Salah satu yang bikin Jono susah move on adalah karena rumah Jono deket sekolah SMA dan hampir setiap hari di balkon rumah Jono bisa ngeliat anak-anak SMA yang lagi pada olahraga, ditambah acara TV yang isinya kebanyakan film-film ABG SMA, lagi-lagi bikin Jono keinget sama Bella. Setiap Jono melihat wajah cewe-cewe SMA dengan baju seragamnya, Jono selalu teringat sama Bella, Jono inget saat jemput Bella di sekolah dan Bella masi menggunakan baju seragam SMA, Bella tersenyum saat melihat Jono menjemputnya.
Jono lagi ngelamun di kamar, Jono lagi mikirin kenangan manisnya sama Bella, walau mungkin kenangan manis itu cuma sekitar 10-20% tapi tetap itu kenangan manis. Jono inget sewaktu Bella bilang mau merencanakan pernikahan buat beberapa tahun ke depan.
‘Jon, nanti kalau aku udah nikah sama kamu kita honeymoon ke Paris ya!’
‘Paris? Kejauhan kaleee.. udah aja ke Kampung Sampireun!’ kata Jono sambil becanda.
‘Sekalian aja kita honeymoon di Hotel Melati deket rumah aku! Huh!’ Bella kesal.
Jono ngerasa ga ada bedanya antara mantan sama hantu yang terus-terusan menghantui, wajahnya selalu terbayang-bayang. Mantan dan hantu juga sama-sama bikin kaget dan menakutkan kalau tiba-tiba ketemu di jalan, kalau ketemu Bella mungkin Jono bisa lari atau sembunyi supaya tidak berpapasan. Mantan juga seperti Voldermort musuh bebuyutan Harry Potter, siapapun tidak boleh menyebut namanya apalagi di depan Jono.
Apalagi ditambah Tante Ami, kakak kandung bokapnya Jono yang nelepon buat ngucapin selamat.
‘Selamat ya Jon, tante denger kamu katanya udah ga jomblo lagi, sekarang udah punya pacar ya!’
Tante Ami bener-bener ketinggalan info, dari zaman Jono jadian sampai sekarang udah ada setengah tahun kenapa baru kasih selamat sekarang waktu udah putus.
‘Udah putus kok, tante.’
‘Oh, oh kalau gitu semangat ya Hon cari lagi aja cewe lain kan masih banyak,’ kata Tante Ami keliatan canggung.
Di depan Jono ada laptop, sebelahnya ada foto Bella yang dicetak waktu liburan di Pangandaran dan sebelahnya lagi ada foto Bella waktu ulang tahun sweet seventeen. Jono ngeliat di foto itu Bella lagi tersenyum, Bella tersenyum karena ada Jono di sebelahnya yang menemaninya di hari ulang tahunnya yang paling istimewa. Jono inget waktu itu dia bawain kue dan kado ulang tahun, kadonya seekor hewan landak mini betina berwarna albino, sedangkan Jono memelihara landak mini jantan berwarna hitam dan putih alias salt and pepper, Jono emang sengaja membeli landak berpasangan supaya sesuai dengan majikannya. Sekarang semua landak udah dijual, pasangan landak itu pun sudah berpisah menjalani hidup masing-masing sama seperti Jono dan Bella. Hal seperti ini cuma menjadi memory karena Bella sekarang sudah ga ada di samping Jono.
Gue mencoba mencari tahu bagaimana tips and trick supaya bisa cepat move on setelah putus dari pacar yang mungkin berguna juga untuk Jono dan semua orang yang susah move on. Beginilah caranya:

1.      Hapus dan Buang Semua Kenangan yang Pernah Ada
Kenangan Jono sama Bella lumayan banyak dan kebanyakan dalam bentuk barang atau foto. Pertama yang mau dihapus adalah file foto-foto Jono sama Bella. Setelah Jono pikir-pikir sayang juga kalau dihapus fotonya, kali aja nanti bisa dikasih lihat ke anaknya sambil ngasi wejangan, ‘Anakku kalau cari pacar jangan yang kaya gini ya?’ Akhirnya Jono cuma simpen foto Bella ke folder yang paling dalam di komputer, dan seiring berlalunya waktu mungkin Jono juga bakal lupa nyimpen file foto itu di mana.
Mau buang baju? Sayang juga masih pada bagus. Mau buang boneka? Ah, sayang juga, kali aja nanti kalau Jono punya pacar lagi bisa dikasih boneka ini ke pacarnya yang baru, boneka kan sekarang mahal. Jono memang pintar memanfaatkan segala sesuatu singkatnya PELIT. Hmm, akhirnya setelah dipikirkan matang-matang, Jono simpen aja semua barang kenangan itu ke lemari di kamar tamu yang jarang banget dibuka terus Jono kunci dan tutup rapat-rapat.

2.      Cobalah Berolahraga
Jono mencoba olahraga bulu tangkis. Jono main sama temen-temennya dan selalu kalah telak. Selama dalam kondisi galau tingkat akut ini, tenaga Jono jadi melemah kaya ayam sakit, smash-nya aja 10 km per jam beda tipis dengan Taufik Hidayat yang bisa mencapai 300 km per jam. Kecepatan Jono kaya siput taman ditambah konsentrasi Jono yang kacau abis, dan hasilnya tentu saja Jono cuma jadi bulan-bulanan aja. Tips ini gagal buat Jono.

3.      Ingatlah ‘Masih Banyak Ikan di Laut’
‘Masih banyak ikan di laut, masih banyak cewek di dunia ini.’ Semua temen termasuk Tante Ami kalau ngehibur Jono pasti bilangnya, ‘Sabar aja, cari lagi, masih banyak ikan di laut, cewe itu populasinya lebih banyak dari cowo.’ Penghiburan ini ga mempan karena saat ini Jono bukannya berada di laut dengan banyak ikan tapi Jono berada di padang pasir dan sedang sendirian kehausan. Haus akan kasih sayang seorang cewe ababil bernama Bella.

4.      Cobalah Berkumpul dan Bercanda Bersama Teman-teman Anda
Cara ini pernah Jono lakuin. Jono ngumpul sama temen-temennya. Temennya ngajakin cewek-cewek termasuk Windi yang pernah Jono taksir dulu. Mereka berkumpul di Sober Café Setiabudi Bandung. Jono duduk di tengah-tengah keramaian, temen Jono semua tertawa senang dan bercanda sedangkan Jono di tengah-tengah mereka seperti merasa sendirian. Jono merasa kesepian di tengah keramaian, merasa kosong karena biasanya Jono melewatkan keramaian ini bersama seseorang yang spesial yaitu Bella. Jono belum terbiasa melakukan apapun tanpa Bella, bahkan Windi yang tumben-tumbennya ngajakin Jono ngobrol duluan tapi malah Jono jawab dingin dan cuek. Setelah tiga kali ngajak ngobrol dan Jono jawab dengan dingin, akhirnya sampai sekarang Windi ogah ngajak ngobrol lagi bahkan kontak BBM Jono aja dihapus sama dia. Jono waktu itu belum siap menjalin hubungan baru dan tips ini juga gagal buat Jono.

5.      Pergi ke Tempat-tempat Baru yang Belum Pernah Anda Kunjungi Bersama Mantan
Jono sama Bella sering ke mall PVJ. Semenjak Jono putus, Jono hampir ga pernah kesana lagi karena semua yang ada di PVJ hanya berisi kenangan Jono sama Bella. Café yang sering Jono kunjungi sama Bella, film-film bioskop yang sering merea tonton, semuanya hanya membangkitkan kenangan Jono sama Bella dan bikin susah move on. Maka Jono memilih mengunjungi tempat-tempat baru yang belum pernah mereka kunjungi, karena Bella anak mall dan café maka Jono memilih tempat makan kaki lima, di sana Jono yakin 100% suasananya ga bakalan mengingatkannya sama Bella karena Bella anak manja yang bahkan dilarang sama nyokapnya makan di kaki lima dengan alasan kotor dan selalu makan di café. Tips ini lumayan berhasil, untuk sejenak Jono bisa melupakan Bella. Jono juga belum pernah bertemu Bella karena mengikuti tips ini.

6.      Time Will Heal
Ini satu-satunya tips yang bermanfaat buat Jono karena memang cuma waktu yang bakal menyembuhkan. Seiring berlalunya waktu Jono bakal terbiasa tanpa Bella, Jono juga bakal siap menjalin hubungan dengan cewe baru, Jono bakal melupakan Bella 100%. Semuanya hanya masalah waktu, cuma Jono belum tahu butuh berapa lama supaya bisa kembali seperti semula. Hanya waktu yang bisa menjawabnya.

Dua bulan kemudian Jono mulai bisa melupakan Bella walaupun belum sepenuhnya tapi Jono merasa sudah bisa santai tanpa perlu kehadiran Bella di sisinya. Tiga bulan berlalu dan Jono kaget Bella add BBM-nya, Jono bingung apa maksudnya. Setelah Jono accept ternyata Bella cuma pamer pacar barunya lewat Profile Picture dan status BBM. Profile Picture Bella adalah foto Bella dengan pacar barunya yang cukup mesra dan bikin hati Jono panas kaya kompor dengan status begini, ‘Aku sayang sama kamu David, cup cup muach muach.’
Jono ngerti Bella add BBM--nya cuma buat manas-manasin dirinya aja. Tingkah laku anak labil yang justru membuat Jono semakin yakin keputusannya bener untuk mutusin Bella. Akhirnya Jono BBM balik Bella dengan lirik lagu yang sering Jono dengerin sewaktu dia galau dulu.

There is only one reason
Cause I know you deserve better and more
I love you and still do I love you now
But it is just in a different way if I may
Hey be sure I know you used to love me more
But now as a friend
And I do the same not cause I want to met
Cause you have always been like my family to me
I wish you luck wish you health wish you love with a smile
I wish you luck wish you health wish you love with his smile and his hug

Nice to meet you
I am very happy to have met you in my life
Thank You
I wish you luck and health
Hope to see you again
Goodbye!

Terdiam sekitar lima belas menit, Bella kemudian bales BBM Jono.
‘Maksudnya apa loe BBM kata-kata itu?’ tanya Bella.
‘Kita harus move on Bel, kita ga bisa gini terus.’
‘Oooo.. jadi mau move on ya? Bukannya udah ya? Gua masi inget waktu loe putusin gua! Kata temen gua juga loe itu jelek udah tua, seharusnya gua bersyukur putus sama loe!’ kata Bella marah-marah di BBM dan jelek-jelekkin Jono. Jono udah tahu setiap cewe putus sama cowonya, temen-temen cewe pasti jelek-jelekkin cowonya yang udah mutusin dengan maksud baik, supaya cewe yang patah hati itu cepet move on dan tidak tenggelam dalam kesedihan.
Jono kesel? Pastinya, tapi Jono anggap itu cuma kata-kata kesal Bella karena gagal bikin Jono cemburu, she failed to make me jealous. Bella mungkin mau bikin Jono ngejar-ngejar Bella lagi dan berusaha ngerebut dirinya dari cowonya yang sekarang, tapi sayangnya sampai kapanpun hal itu ga bakalan pernah terjadi. Jono tutup BBM dengan ngetik kata-kata ini.
‘Terima kasih ya Bella, berkat kamu sekarang aku lebih bisa move on daripada sebelumnya.’

Setelah ngetik kata-kata itu Jono delete contact Bella dan Jono ngerasa hidupnya lebih tenang. 

Gue berpikir masa lalu itu seperti kaca spion mobil, kadang kala kita harus melihat ke belakang supaya tidak terjadi tabrakan tapi yang paling penting adalah kaca depan yang menjadi masa depan kita untuk mencapai tujuan. Bella adalah kaca spion yang kadang-kadang Jono liat sebagai warning, tanda untuk lebih berhati-hati. Jono ga bakalan mau pacaran lagi dengan cewe seperti Bella, Jono harus pacaran dengan cewe yang lebih baik. Jono sekarang jadi tahu cewe seperti apa yang dia inginkan untuk masa depan. Setiap mau berbelok ke arah tujuan, Jono ngeliat kaca spion dulu supaya tidak terjadi tabrakan sama seperti saat Jono berhubungan dengan seorang cewe, Jono bakal melihat ke masa lalu dulu supaya tidak terjadi hal yang sama di masa depan. Masa lalu hanya untuk masa depan yang lebih baik. 

Sekian dulu, untuk semua yang merasa gagal move on mudah-mudahan setelah baca postingan ini kalian akan berhasil. Thanks.

0 comments:

Post a comment