Thursday 18 June 2015

10 Gangguan yang Jomblo Alami Saat Nonton Bioskop


Satu waktu gue pernah nonton bioskop sama temen-temen gue berlima, waktu itu satu kursi paling ujung belum keiisi, gue sama temen-temen gue sepakat mengisi kursi itu karena kita berpikir ga bakalan ada orang yang malam minggu nonton sendirian, 'kalau ada yang isi kursi itu berarti jones akut,' kata gue sambil ketawa. Ga berapa lama ternyata ada orang yang datang buat ngisi kursi itu dan terpaksa kita balik ke kursi masing-masing sambil berbisik, 'gila nih ada juga yang malming nonton sendirian, jomblo ngenesnya keliatan banget!' Gue sama temen-temen gue ketawa senang tanpa sadar kalau sebenarnya kita berlima juga jomblo, seharusnya sesama jomblo dilarang menghina kan.
Salah satu kegiatan para jomblo di malam minggu untuk mengusir sepi karena belum ada pasangan itu nonton bioskop, setidaknya itu dilakukan oleh gue. Biasanya gue ajak temen-temen gue sekitar 4-5 orang untuk nonton bioskop rame-rame, mereka jomblo semua jadi kita biasa disebut pablo alias pasukan jomblo. Nonton bioskop selama 2 jam lumayan untuk sekedar melupakan sepinya hari-hari menjadi jomblo, pulangnya gue sama temen-temen gue mampir di cafe untuk sekedar ngobrol ngalor ngidul. Yah setidaknya malam minggu gue ga sendiri tapi masih ada temen-temen gue yang senasib.
Sayangnya acara nonton bioskop juga suka banyak gangguan yang bikin bete, berikut gue bahas beberapa gangguan waktu seorang jomblo nonton bioskop.

1.      Penonton Bawa Bayi
Gue ga suka kalau lagi nonton ada orang yang bawa-bawa bayi, seharusnya bioskop pasang peraturan ga boleh bawa bayi atau balita di bawah umur ke dalam bioskop. Mungkin bayi di rumah ga bisa ditinggal jadi terpaksa dibawa tapi hal seperti ini bisa sangat menganggu penonton termasuk gue. Sewaktu nonton, di sebelah gue ada orang yang lagi gendong anak-nya, kisaran umur sang anak sekitar 1 tahun setengah. Film yang waktu itu gue tonton adalah film action Fast and Furious yang tentu banyak adegan saling adu bogem mentah. Lagi seru-serunya Vin Diesel versus Dwayne Johson tiba-tiba bayi di sebelah gue nangis, mungkin keganggu sama suara bag big bug dari sound system bioskop yang cukup kencang.
Ini ceritanya Dwayne Johson versus Vin Diesel,
‘Baggg, hiyaaa bugg oeekkk, bag big oekk, big bug, oeekkkk oeeee.’
Suara adegan pertarungan seru bercampur dengan suara tangisan bayi, jelas bukan suara yang enak untuk didengar. Gue udah tutup kuping karena bayi di sebelah gue nangis makin kenceng. Untungnya karena aksi gue ini, orang di sebelah merasa ga enak dan keluar untuk mencoba menenangkan bayinya. Mengganggu sekali. Pernah satu kejadian sewaktu gue nonton film horror, awalnya gue pikir itu suara bayi dari film horror-nya yang bikin suasana semakin mencekam soalnya sound effect-nya nyata banget serasa ada di deket gue, ternyata pas nengok ke sebelah ada seorang ibu bawa bayi yang lagi nangis di bioskop. Suasana seram berubah menjadi suasana sebal. ‘Bayi kok dibawa nonton film horror nanti kalau gedenya jadi halusinasi mulu gimana?’

2.      Bau Bau Bau
Soal ganggu-menganggu di bioskop gue jadi ngerti kenapa pihak bioskop ga ngebolehin penonton membawa makanan dan minuman dari luar. Kadang suka ada petugas yang memeriksa tas pengunjung tapi ga semua bioskop punya pegawai serajin itu, jadi pasti ada aja penonton bandel yang lolos. Salah satunya adalah penonton yang ternyata berhasil membawa masuk buah DURIAN ke dalam bioskop, buahnya sudah dikupas dulu dan dimasukkin ke plastik kemudian dimasukkin ke dalam tas. Dengan nikmatnya makan buah durian sambil nonton dan gue sama penonton lain sadar ada bau yang menyengat, oala ternyata di depan gue ada yang lagi makan buah durian dengan santainya, kita-kita cuma dibagi baunya doank tapi buahnya ga dibagi-bagi ke kita yang terganggu. Besok-besok mungkin orang itu bakal bawa jengkol atau petai buat dijadiin camilan di bioskop.
Itu kalau soal makanan kadang penonton di bioskop juga ada yang sudah membawa bau alami dari rumah. Gue punya pengalaman deket penonton yang pastinya kaga mandi dari rumah, hasilnya bau kaki, bau badan, bau keringat. Nonton film komedi mau ketawa juga ga bisa soalnya nutupin hidung mulu.

3.      Penonton Main Smartphone
Biasanya sebelum film dimulai di bioskop sudah ada peringatan tanda HP dicoret. Maksudnya jelas jangan menggunakan HP di dalam bioskop tapi sayangnya prinsip banyak orang adalah “peraturan itu dibuat untuk dilanggar” sehingga terciptalah manusia-manusia yang suka main HP di dalam gedung bioskop. Gue pernah ngalamin duduk di sebelah orang yang selalu buka tutup HP-nya, lumayan ngeganggu penglihatan gue karena lampu HP-nya yang bikin mata silau di tengah-tengah bioskop yang gelap gulita. Ada juga orang yang teleponan di dalam bioskop pake loud speaker pula, ga pake lama itu orang langsung dicemooh oleh penonton lain. Yang lebih ekstrim sih ada yang nyalain senter dari HP buat nyari barang yang jatuh, jelas-jelas hal kaya gini ganggu konsentrasi orang yang lagi nonton.

4.      Penonton Lebay
Beberapa penonton ada yang bereaksi berlebihan sama adegan di film, contohnya adalah temen gue yang sewaktu nonton film Final Destination selalu bertanya sama gue “apa yang terjadi selanjutnya?” Padahal gue sendiri baru nonton kali ini jadi ya mana gue tau. Kalau ada adegan sadis atau adegan 17+ langsung heboh sendiri dan keluar kata-kata seperti ‘Oh, My God’ atau ada penonton cewe yang berteriak kencang sewaktu adegan sang tokoh utama duduk-duduk sambil minum kopi. (apanya coba yang bikin teriak?).

5.      Penonton Latah
Setiap ada adegan pasti dikomentari kalau penontonnya latah, misal sang penjahat dalam film menghajar tokoh utama dengan palu, langsung keluar kata-kata sakti ‘ya ampun palu, palu, palu.’ Hal lain misal sang tokoh utama menembak menggunakan pistol, langsung deh otomatis latah, 'dar der dor, eh pistol pistol.'

6.      Penonton Psikopat
Nonton film horror kalau orang lain udah ketakutan eh ini yang nonton malah ketawa-ketawa sendiri. Udah jelas ada yang ga beres sama otaknya. Gue lebih serem duduk sebelahan sama orang ini ketimbang nonton film-nya.

7.      Penonton Ngobrol /  Berisik
Mungkin karena mengalami kebosanan nonton film, ujung-ujungnya bukan fokus nonton bioskop tapi malah ngobrol satu sama lain, berisik dan bikin gue ga nyaman. Apalagi kalau ada penonton yang udah nonton 2x dan ngobrolin soal ending film-nya, 'tau ga terakhir kali tuh tokoh utamanya mati dan penjahatnya itu temennya sendiri.' Gue langsung tutup kuping aja deh, spoiler itu bikin film jadi ga seru lagi. 

8.      Film yang Mengintimidasi
Gue agak heran sama film horror Hollywood, gue inget zaman dulu werewolf dan vampire itu dibuat mengerikan tapi sekarang werewolf dan vampire bermetamorfosis menjadi idola cewek-cewek ABG, pasti pada tahu deh mereka berubah menjadi Edward Cullen dan Jacob Black dari film Twilight. Soal tampang gue ga kalah dibanding mereka berdua, gue cuma kalah tenar aja. Menghibur diri sendiri boleh kan?
Cewek-cewek ABG adalah penggemar Jacob dan Edward dari film Twilight dan selalu heboh kalau film itu nongol di bioskop dan langsung ngajakin pacarnya nonton di hari pertama. Gue sendiri kurang suka Twilight karena isinya hanya mengintimidasi cowo-cowo kaya gue. Cewe-cewe abis nonton film Twilight biasanya selalu membandingkan cowo-cowo ganteng pemeran film Twilight sama cowo-cowo kaya gue. Di seri pertama, wajah jerawatan gue dibandingin sama wajah mulus nan ganteng dari vampire yang namanya Edward Cullen. Di seri kedua perut one pack gue dibandingin sama perut six pack dari werewolf keren yang bernama Jacob Black. Seri kelima kalau Twilight dibuat lagi gue dibandingin sama siapa? Eh, ternyata ga lama pertanyaan gue terjawab, akhirnya Twilight dibuat lagi sekuelnya kali ini munculnya di TV swasta dengan judul Ganjen-Ganjen Sering Gila, dan ternyata kali ini vampire-nya pake BMW dua pintu yang atapnya bisa dibuka menunjukkan kalau dirinya tajir. Gue sendiri waktu itu cuma bawa mobil kuno yang suara mesinnya lebih berisik dari teriakan ABG labil.
ABG cewek biasa juga sangat heboh saat Edward atau Jacob buka baju dan memperlihatkan badan atletisnya. Mereka langsung mukul-mukul manja pacarnya sambil bilang…
‘Aduh, ga kuat badannya booo, aduh, kerennya, mukanya ganteng lagi!’ mereka meracau ga sadar seperti lagi dicekokin morfin.
Selesai nonton Twilight, biasanya mereka langsung ngoceh katanya cowonya ga seromantis Edward yang mencintai cewenya seribu tahun lamanya seperti judul original soundtrack film Twilight ‘A Thousand Years.’
Saran gue loe-loe pade jawab aje dengan bijak, ‘Sayang, aku dan kamu bukan vampire, kita ga bakalan bisa hidup ribuan tahun.’

9.      Penonton Ngotot Salah Tempat Duduk
Pernah satu waktu saat nonton bioskop gue punya pengalaman yang lebih ga enak. Film yang gue tonton adalah Iron Man, film yang populer banget waktu itu. Saat adegan pertempuran akhir yang seru antara Iron Man lawan robot raksasa yang dikendarai musuhnya, tiba-tiba datang dua sejoli dan ga ada angin, ga ada hujan, ga ada petir, ga ada becek dan ga ada ojek langsung ngomong..
‘Mas, ini kursi saya, saya yang harusnya duduk di sini!’
‘Loh?’ Gue sama temen-temen gue saling pandang karena ga percaya ada orang yang cukup tolol bisa terlambat 1 jam 45 menit dan baru datang pas film mau habis.
‘Film-nya udah mau habis mas dan saya sudah chek bener kok saya duduk di sini,’ kata gue.
‘Liat nih mas tiket saya, bener ini saya duduk di sini C5 sama C6,’ kata penganggu itu ngotot.
Karena ramai dan saling berdebat, penonton deket kita pada keganggu bahkan ada yang bilang suruh gue keluar dulu buat beresin masalah kursi. Beruntunglah datang seorang cewe petugas bioskop.
‘Bisa diliat mas tiketnya?’ tanya petugas bioskop ke penganggu tersebut.
Dilihatlah tiketnya pake senter.
‘Oooo… mas salah masuk, mas seharusnya di studio 3 dan filmnya baru mulai.’
‘Loh, film-nya Iron Man kan? Bener kok di sini mbak, ini filmnya lagi tayang,’ katanya masih ngotot.
‘Iya mas, Iron Man ada 2 studio, studio 1 dan studio 3.’
Orang itu melongo.
Tanpa ngomong apa-apa apalagi minta maaf, orang itu sama pacarnya turun dan keluar dari bioskop.
Bagaimana dengan gue? Gue liat film Iron Man udah selesai gitu aja, gue ga liat adegan terakhirnya karena digangguin orang salah tapi ngotot itu.
Besoknya karena penasaran gue nonton lagi Iron Man sendirian. Selama gue nonton, gue parno jangan-jangan tuh orang masuk lagi ke bioskop dan ngeklaim bangku gue itu miliknya. Selama nonton gue pegang erat-erat tuh bangku biar ga kemana-mana dan syukurlah sampai akhir ga ada yang gangguin gue nonton. Gue ngerti terakhirnya ternyata Iron Man bekerja sama dengan The Patriot berhasil menaklukkan robot raksasa yang senjatanya cambuk itu.

10.  Penonton Sibuk Pacaran
    Yah kalau yang satu ini ga usah ditanya, kadang kita para jomblo suka ngeliat pemandangan pasangan yang lagi nonton di bioskop tapi mereka ternyata lebih fokus pacaran daripada nonton filmnya, Apalagi kalau gue duduk di sebelah pasangan tersebut, biasanya pikiran gue jadi kemana-mana ngekhayal seandainya gue sama gebetan gue seperti mereka. Lama-lama kalau gue ga tahan mungkin gue bisa keluar dari bioskop, mereka tuh bisa dibilang ga punya toleransi dalam umat berasmara. Mungkin poin yang ini hanya berlaku untuk para jomblo.

Sekian dulu sepuluh gangguan yang jomblo alami saat nonton bioskop, berikutnya gue bakal nulis topik yang lebih menarik lagi tentunya soal kehidupan para jomblo.

0 comments:

Post a Comment