Thursday 23 July 2015

Pengalaman Menggunakan Aplikasi Hotel Quickly, Uber Taxi dan Gojek Waktu Liburan di Jakarta

Belum lama ini gue liburan ke Jakarta untuk mengisi hari libur lebaran kemarin, dan gue udah menyiapkan diri untuk menggunakan semua credit yang gue dapet dari aplikasi Hotel Quickly dan Uber. Sebenarnya Gojek juga udah gue siapin (apalagi sampai tanggal 27 Juli ada promo pergi kemana saja Rp.10.000,-) tapi belum ada kesempatan untuk pake Gojek karena gue selalu pergi rame-rame. Gue bahas satu persatu pengalaman gue pake kedua aplikasi ini. Bonus pengalaman dari temen gue yang sering pake Gojek.


Hotel Quickly


Hotel Quickly adalah aplikasi untuk memesan kamar hotel mirip-mirip Agoda, Booking.com atau Traveloka. Bedanya sesuai dengan namanya Quickly alias cepat, hotel hanya bisa dipesan maksimal 1 hari dari hari H, jadi misal loe hari Rabu mau nginep di hotel maka maksimal hari Selasa loe baru bisa mesen. Hotel Quickly saat ini hanya tersedia untuk Android dan iOS. Hotel Quickly harganya sangat bersaing dibanding yang lain bahkan bisa lebih murah dan tersedia macam-macam hotel di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia. Berikut gue jabarkan cara dapet credit Rp.130.000,- GRATIS dengan memasukkan kode promo SKRIS58.

Cara supaya dapet credit Rp.130.000,- GRATIS!!

1. Download aplikasi Hotel Quickly lewat PlayStore atau App Store.
2. Sign in menggunakan email, masukkan nama lengkap dan nomor telepon yang aktif.
3. Sentuh menu yang ada di kiri atas, sebelah kiri nama kota, pilih Credits, pilih Redeem Voucher dan masukkan kode promo SKRIS58
4. Biasanya akan dikirim verifikasi lewat nomor telepon, masukkan kode verifikasi.
5. Jika berhasil, chek credits, anda sudah mendapatkan credits Rp.130.000,- dan siap digunakan untuk memotong tarif hotel, mantap kan!!


Uber  Taxi


Uber jadi salah satu aplikasi yang populer belum lama ini. Uber sebenarnya mirip taksi bedanya mobil Uber itu mobil pribadi seperti Toyota Avanza, Kijang Innova, Toyota Alphard, Fortuner, dan lain-lain. Jadi kita seakan-akan seperti memiliki supir dan mobil pribadi. Uber di Jakarta dibagi dua level yaitu UberX dan Uber Black. UberX biasanya mobilnya Toyota Avanza, sedangkan Uber Black adalah mobil-mobil kelas yang lebih atas seperti Alphard dan Fortuner. Di luar negeri seperti Amerika sana malah ada UberLux dengan mobil-mobil mewah semacam sedan Audi.
Uber Taxi saat ini sudah ada di 58 negara termasuk Indonesia. Indonesia sendiri setau gue sih baru ada di Jakarta, Bali, dan Bandung (CMIIW). Uber Taxi dari sisi harga memang lebih murah dari Taxi biasa tapi sayangnya Uber Taxi tidak menerima cash, hanya menerima kartu kredit. Hal ini juga jadi kelebihan Uber Taxi karena kita tidak perlu menyiapkan uang cash untuk naik kendaraan. Pertama, gue coba panggil Uber Taxi, gue langsung set pickup location di Hotel Amaris, dan pilih destination ke mall Grand Indonesia. Setelah itu muncul data supir yang akan menjemput kita berikut ratingnya, di sini kita juga bisa sms atau telepon langsung supirnya dan ada informasi mobil apa yang dipakai dan plat nomornya, gue liat supirnya pake mobil Kijang Innova. Gue ngeliat di peta ada gambar mobil putih yang pelan-pelan mendekati kita dengan estimasi waktu 10 menit. Gue cepet-cepet check out hotel dan gue liat gambar mobil di peta udah sampai tempat gue, gue langsung sms supirnya,”selamat siang, maaf pak sebentar saya check out hotel dulu, tunggu sebentar ya pak” dan supirnya dengan cepat membalas, “oke pak santai saja.” Setelah selesai check out hotel gue langsung keluar dan gue liat di kanan gue ada mobil Kijang warna hitam dengan plat yang sama, gue ketok kaca mobilnya sambil menyapa, “selamat siang, Uber ya?” Supirnya tersenyum dan langsung keluar dari mobil, “mari pak sini saya bantu barang bawaannya,” katanya sigap. Di dalam mobil gue ngerasa nyaman, mobil Kijang Innova-nya bersih dan terawatt, gue ngobrol sama supirnya katanya Uber ini udah jalan satu tahunan dan dia bilang selama ini yang pake Uber banyak dan rame terus. Ga terasa gue udah sampai mall Grand Indonesia, setelah gue turun supirnya langsung sentuh layar HP-nya untuk meyudahi transaksi dan kalau supir udah pencet ini otomatis biaya langsung kepotong di kartu kredit. Gue kasih tips Rp.20.000,- dan supirnya bilang, “makasih banyak mas.”
Waktu di dalam Grand Indonesia gue chek HP gue dan di sana terlihat biaya yang udah gue bayar yaitu Rp.0 alias gratis (gara-gara kredit Rp.150.000,-), dan di sana kita juga bisa ngasi review buat supirnya, gue ga ragu buat kasih *5 karena keramahan dan kesigapannya. Waktu gue liat payment menu Free Rides gue hilang, gue ngerasa aneh karena transaksi gue tadi belum sampai Rp.150.000,- dan gue langsung tepok jidat, “ya amplop ternyata free rides itu cuma 1x pakai aja.” Tau gitu gue pakai yang jauh deh kemana aja atau supirnya suruh tunggu aja biar ga rugi itu credits Rp.150.000,- Gue pikir sistemnya kaya Gojek yang dipotong dikit-dikit gitu. Overall gue puas sih pake Uber Taxi karena selain harganya lebih murah dari taxi biasa, lebih nyaman dan credits-nya itu loh enak banget, siapa sih yang ga mau gratisan, hehehe. Kalau loe-loe semua mau dapet credits Rp.75.000,- sampai Rp.150.000,- loe masukkin aja kode promonya, yaitu ariss64ue. Oh, ya Uber Taxi saat ini sudah tersedia di Android, iOS dan Windows Phone.

Cara dapetin credits Rp.75.000,- di Uber Taxi:

1.       Download Uber (bukan Uber Partner) di smartphone anda.
Playstore Android: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.ubercab&hl=en
Appstore iOS: https://itunes.apple.com/id/app/uber/id368677368?mt=8
Store Windows Phone: https://www.microsoft.com/en-us/store/apps/uber/9wzdncrfhxrd
2.    Sign in lewat email, masukkan nama lengkap, nomor HP dan data kartu kredit. Di kanan atas ada tulisan promo code, masukkan kode ariss64ue supaya otomatis dapat credits Rp.75.000,- jika terlewat di dalam aplikasi Uber pilih menu kiri atas, pilih Promotions dan masukkan kode promo ariss64ue dan sentuh apply.
3.       Setelah masuk uber, pilih menu kiri atas, pilih Payment, jika di sana tertulis Free Rides Rp.75.000,- atau Rp.150.000,- maka anda sudah mendapatkan voucher gratisannya.
4.       Gunakan Uber Taxi dan voucher akan otomatis terpakai, jika belum melewati total harga voucher maka tulisan transaksi di HP loe jadinya Rp.0. 


Gojek


Gue pribadi belum pernah pake Gojek tapi temen gue pernah pake berkali-kali jadi gue cerita pengalaman temen gue aja. Gojek ini mirip dengan Uber bedanya cuma di kendaraannya aja yaitu motor (ya iyalah namanya juga ojek). Selama gue keliling Jakarta gue liat Gojek ini ada dimana-mana. Katanya selain bisa buat transportasi, Gojek juga bisa dipakai untuk antar barang atau bantu beli dan kirim barang atau makanan. Gojek belum tersedia untuk Windows Phone, hanya ada di Android dan iOS. Gojek juga ada credits buat dapet gratisan voucher Rp.50.000,- dengan memasukkan kode promo 542920830. Berikut caranya.

Cara untuk mendapatkan Gojek Credits Rp.50.000,-

1.       Seperti biasa download Gojek kemudian sign in masukkan nama, nomor HP dan alamat email.
Playstore Android: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.gojek.app&hl=en
Appstore iOS: https://itunes.apple.com/id/app/go-jek/id944875099?mt=8
2.       Di kanan atas ada menu gambar dompet masuk kesana (Gojek Credits).
3.       Di menu Gojek Credits, di bawah ada tulisan voucher code/referral code masukkan kode 542920830.
4.       Chek Gojek Credits, loe pasti udah dapet Rp.50.000,- yang bisa langsung dipake buat nge-Gojek.



Oke, sekian dulu bahasan gue soal tiga aplikasi yang populer ini. Ketiga aplikasi ini gue jamin bakal ngebantu loe semua yang lagi liburan atau yang lagi butuh hotel dan transportasi dengan harga yang murah bahkan gratis. Gue sendiri udah nyobain dan gue puas dan sepertinya ke depannya gue bakal pake terus ketiga aplikasi ini.

1 comment: