Thursday 9 July 2015

Jomblo vs Pacaran

Gue pernah punya temen yang suka sharing cerita, temen gue ini pacaran tapi pengen jadi jomblo, soalnya dia merasa pacaran itu ga enak, pengen putus memilih jadi jomblo yang bebas merdeka. Temen gue yang satu lagi malah terbalik, selalu curhat soal kejombloannya, dia merasa menjadi jomblo itu menyiksa, pengennya pacaran, pengen ada cewe yang mengisi hatinya yang gelap gulita. Jadi sebenarnya lebih enak jomblo atau pacaran sih? Mari kita bahas lebih dalam lagi soal untung ruginya jadi jomblo atau pacaran ditilik dari berbagai aspek.


1.       Masalah Duit


Kalau soal yang satu ini jelas jomblo yang menang, jadi jomblo itu duitnya banyak yang bisa disimpen soalnya di rumah melulu sih, paling main games, kalau sekali-kali keluar sama temen juga pasti tempat makannya kaki lima yang murah meriah, maklum sesama cowok kan sama-sama pengen irit. Jomblo juga ga usah siapin dana khusus buat kado sang pacar. Ga usah ribet juga soal baju atau celana yang itu-itu aja, ga ada yang ngomelin loe pake baju yang itu-itu mulu bahkan gembel sekalipun, paling emak yang ngomelin loe kalau pake baju gembel banget, ya ujung-ujungnya paling juga cuma disuruh nimba aer.

Mari kita bandingkan dengan yang punya pacar, ini lebih tergantung ke ceweknya sebenarnya, kalau tipikal cewek manja dan labil pasti pengennya tiap hari ketemu, ya anggap lah seminggu lima kali jalan keluar seperti nonton, makan di café, rekreasi yang menguras dompet, apalagi kalau cewe loe tipe yang ga mau makan di kaki lima, cewe loe punya prinsip, “yang namanya cewe makan itu dipengaruhi suasana, kalau tempat makannya ga nyaman, kotor, makanan seenak apapun juga ga bakalan jadi enak, terus aku ga makan, terus aku sakit, terus aku diopname di rumah sakit, kamu mau aku diopname di rumah sakit?” tanya cewe loe. Akhirnya loe ngalah deh makan di café kelas atas sambil liatin dompet loe yang tipis dan ngomong dalam hati, “aduh besok gue makan mie instan tanpa telor lagi nih.” Makin sering keluar jelas duit makin tipis, belum sama uang bensin. Jangan lupakan juga kado, loe harus siapin tiap tahun kado anniversary, kado ulang tahun, kado Valentine, kado ulang tahun nyokapnya, bokapnya, adiknya, pembantunya, supirnya, tukang kebunnya, kucingnya, dan lain-lain. Loe juga pasti sering diomelin cewek loe kalau pake baju itu-itu aja, “aduh dear malu-maluin aja sih pake fashion kuno begini, ga ada baju lain apa, beli donk yang bagusan, aku pilihan ya nanti di mall.” Akhirnya loe ngalah dan beli baju-baju, celana, dan sepatu mahal, emang sih loe jadi keren tapi isi dompet loe jadi ga keren.

Jomblo 1 Pacaran 0


2.       Masalah Perasaan


Kalau istilah anak sekarang itu baper alias bawa perasaan.  Kalau soal ini ya yang punya pacar yang menang. Tiap hari ada yang merhatiin, “sayang udah makan belum? Udah mandi? Udah bangun? Udah sehat?” dan udah udah lainnya, cewe loe juga siap mencurahkan kasih sayangnya ke loe, loe ga bakal kekurangan kasih sayang dan perhatian deh. Kalau jalan-jalan ke luar gandeng pacar cantik bangganya bukan main, dilihatin sama orang-orang dengan pandangan takjub, apalagi kalau ketemu temen yang jomblo, dengan gaya songong loe langsung deh tanpa ba bi bu, “kenalin nih bro cewe gue, gimana? Cantik kan? loe kapan punya cewe? Ah payah loe jomblo melulu!”
Kadang emang suka ada masalah sih dalam pacaran, si cantik cemburu buta lah, si cantik pengen diperhatiin lah, si cantik marah lah, si cantik PMS, tapi yang kaya gitu kan bumbu-bumbu yang justru bikin pacaran makin asik. Enaknya lagi tiap malam minggu pasti ada rencana deh sama sang pacar, ga usah bengong di rumah, PS3 aja udah berdebu lama ga disentuh, yang namanya galau di malam minggu jadi jauh dari kamus loe.

Bandingkan dengan yang jomblo, tiap hari liatin isi isms, isinya sms operator mulu atau sms penipuan, ngarepnya sih gebetan sms ngajakin jalan tapi kan ga mungkin, sekali-kalinya ada yang nanya paling temen ente, “bro udah makan belum?” ente jawab, “belum bro, loe mau bawain makanan?” terus die jawab, “kaga bro gue cuma mau pamer doank, gue udah makan nasi padang sama cewek gue, kasian banget loe belum makan, hehehe.”
Kalau jalan sendirian keluar ketemu temen-temen atau sodara, loe malah ngumpet di belakang bak sampah abisnya loe males ditanya, “eh si udin, sendirian aja din, ceweknya mana? jomblo ya? Hahaha.” Ada satu lagi yang bikin kesel, kadang suka dikira homo, ga doyan cewek, halah. Emang sih jomblo minim masalah, ga perlu ngeladenin cewe yang lagi ngambek atau lagi PMS tapi malam minggu perasaan loe rasanya kosong, loe jadi galau, loe telepon semua temen loe buat ngajakin main PES bareng tapi semuanya sibuk pacaran, akhirnya loe nyerah dan main PES sendirian sama komputer ditemani kucing loe.

Jomblo 1 Pacaran 1


3.       Masalah Waktu


Namanya jomblo itu punya waktu yang banyak untuk fokus sama diri sendiri, keluarga, teman, dan lain-lain. Ya loe ga direcokin sama cewe loe yang minta perhatian, minta dianterin, minta dikelonin, dan sebagainya. Loe bebas bro, merdeka, fokus kuliah, kerja, main dota, kalau temen ngajak jalan loe selalu siap, “bro, gue udah depan rumah loe, gue siap dugem bro, gue siap gila-gilaan sampai pagi!” kata loe dengan semangat 45. Kalau emak minta dianterin ke salon, loe udah siap lagi nungguin sampai sore kalau perlu, adik cewek loe minta dianterin beli buku, loe siap juga, wah pokoknya loe temen sejati, anak penurut, kakak tersayang dan semua hal-hal positif di mata mereka karena loe sediain banyak waktu buat mereka.

Bandingkan dengan yang pacaran, ga semua begini emang balik lagi ke ceweknya, tapi sedikit banyak pasti waktu loe tersita buat cewek loe, buat dengerin curhatan cewek loe soal temennya yang sok cantik, soal bosnya yang pelit, terus pastinya minta dianterin kesana kemari, kan katanya cinta masa jadi supir aja ga mau. Temen loe ngajak dugem? wah dilarang dah pasti sama cewek loe, “aku ga mau mata kamu jelalatan liatin cewek sexy di tempat dugem, aku benci kamu ke tempat seperti itu!” kata cewek loe galak. Adik cewek minta jemput di sekolah? “Duh, maaf ya dek kakak harus jemput pacar kakak di mall.” Adik loe cemberut, adik loe yang masih labil jadi marah karena loe lebih mentingin cewe loe daripada dia adiknya sendiri, hubungan loe yang biasanya dekat jadi renggang. Waktu loe buat mereka jadi terbagi, dan 80 persennya buat cewek loe.

Jomblo 2 Pacaran 1


4.       Masalah Cewek Lain


Loh kok jadi cewek lain sih? Yah, maksudnya kalau loe masih jomblo kan loe bebas liatin cewek cantik lain, bebas godain cewek spg di pameran HP, minta nomor HP anak SMA manis yang suka nongkrong di mall, gebetan loe kalau dihitung mungkin ada 10 walau satupun ga ada yang nyantol. Saat-saat jomblo ini saat yang paling indah loh, loe bakal ngerasa di dunia ini ternyata banyak banget cewek cantik, loe bahagia bisa ketemu mereka atau sekedar bertemu mata sambil melihat senyum mereka, loe bebas jadi WOTA dan rajin teateran buat liatin Yuvia JKT48 joget-joget lucu, ga ada yang larang.

Kalau udah punya cewek? Ya gerak-gerik loe pasti diawasi cewek loe, boro-boro jadi WOTA dan ngefans sama cewek lain, ada cewek yang ngelike foto instagram loe aja dia tau, lagipula yang namanya udah komitmen kan loe harus setia, loe harus menghargai komitmen itu, makanya sebelum jomblo puas-puasin dulu deh baru pacaran serius.

Jomblo  3 Pacaran 1


5.   Masalah Tujuan Hidup



Waktu masih jomblo temen gue masih suka main sana-sini ga karuan, suka dugem, main cewek, pijet plus plus, kebut-kebutan, minuman keras, merokok, dan kenakalan-kenakalan khas bujangan lainnya. Kerja juga males-malesan soalnya dia belum ada tujuan hidup, duit dipake buat hiburan diri sendiri belum mikirin orang lain.

Semenjak punya pacar alias calon pasangan hidup, dia mulai berubah. Pacarnya ternyata banyak melarang temen gue ini soal hal-hal negatif, contohnya merokok dan minum alkohol yang merusak kesehatan ternyata bisa berhenti karena ceweknya. Dugem, main cewek, pijet plus udah dia jauhi, temen gue bilang, 'duit gue abis bro cuma buat kenikmatan sesaat, mending gue tabung buat masa depan sama cewek gue.' Temen gue mulai rajin nabung karena dia mikirin masa depan sama ceweknya ini, dia tobat karena udah ada tujuan hidup ke depannya yaitu berkeluarga.

Jomblo 3 Pacaran 2


6.       Masalah Kodrat


Mau pacaran enak atau ga enak pasti suatu saat loe itu harus berpasangan karena Tuhan itu menciptakan dua manusia itu berpasangan yaitu pria dan wanita. Ga ada yang tau kan kalau pacar loe yang sekarang ini jodoh loe atau bukan, loe jatuh cinta, sayang kemudian mencoba berpacaran dan mencari kecocokkan sambil berharap pacar loe yang sekarang ini jodoh loe, calon pasangan hidup yang bakal jadi istri loe kelak.

Kalau yang jomblo mungkin bisa bilang, “ah gue ga butuh cewek, gue sukanya sendirian bebas ga ada gangguan.” Oke, loe bilang begitu tapi pikiran loe itu pasti ga selamanya seperti itu, saat semua orang di sisi loe udah sibuk dengan keluarganya masing-masing atau meninggalkan loe, maka loe bakal ngerasa sendirian, di saat itulah loe bakal berpikir tentang calon pasangan hidup yang nantinya bakal menemani loe sampai masa tua tiba.

Jomblo 3 Pacaran 3 


Jadi, gimana? Enak jomblo atau pacaran? Semua kembali ke pribadi kalian masing-masing. Kalau umur loe-loe masih pada muda mungkin baru berpikir di poin 1,2,3,4 tapi kalau udah dewasa pasti udah mikir poin ke 5,6, dan gue yakin ga ada seorangpun juga di sini yang mau menjadi jomblo abadi.

6 comments:

  1. itu kok jadi 3 : 3, bukannya cuma lima poin gan...atau ane aja yang salah liat
    9KomiK

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang poin kelima ane kasih 2 poin langsung gan.

      Delete
  2. enakan jomblo yang banyak gebetan.. haha

    ReplyDelete
  3. pada poin ke 5 TSnya maksa, biar dianggap fair/ adil. pacaran dan nikah itu beda. judulnya aja 'Jomblo vs Pacaran'.Paling banyak kalo mau nambahin poin ya 1 aja. kalo bandingin Nikah vs Jomblo, ya jelas lebih unggul nikah. 'Pacaran' lebih sering-banyak ga enaknya dibanding ga enaknya 'Jomblo'.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak ga enak ya balik ke pribadi masing-masing. Tapi menurut gue ya lebih enak pacaran kalau udah dapet yang baik dan serius ke depannya.

      Delete
  4. makanya pacaran sama cewe yg dewasa, kantong aman karena pengertian.
    pacaran dengan wanita yg membuat kamu lebih baik, klo makin ancur mending udahan aja

    ReplyDelete